pascasarjana universitas negeri yogyakarta

Prakata

PRAKATA

     Puji syukur pengembang panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan berkat dan rahmat-Nya, sehingga dapat menyelesaikan pengembangan Web-LKPD IPA Modified Free Inquiry tema Pertambangan Pasir. Web-LKPD ini dirancang untuk pembelajaran IPA yang didasarkan pada  Kurikulum 2013. Pembelajaran dengan pendekatan modified free inquiry, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Keterampilan berpikir kreatif berdampak pada kemampuan peserta didik memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Web-LKPD IPA modified free inquiry ini bertujuan untuk peserta didik dapat merumuskan masalah yang disajikan oleh guru, peserta didik yang merancang dan melakukan prosedur kerja, analisis data, dan menarik kesimpulan yang dilakukan oleh peserta didik secara mandiri. Web-LKPD IPA ini dilengkapi dengan kasus terkini tentang lingkungan khususnya pertambangan pasir.

Web-LKPD IPA ini berisi panduan kegiatan peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan materi Pencemaran Lingkungan. Pemilihan materi ini didasarkan pada permasalahan masa kini pada kondisi lingkungan yang sudah memprihatinkan sehingga diharapkan peserta didik memiliki kesadaran sikap peduli terhadap kondisi lingkungan dan dapat merancang ide/gagasan kreatif untuk memperbaiki kondisi lingkungan sekitar. Web-LKPD IPA ini dapat digunakan sebagai bahan ajar berbasis internet sebagai pendamping buku teks yang digunakan dalam pembelajaran.

Pengembang menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pengembangan Web-LKPD IPA ini, baik pada awal pengembangan, uji coba terbatas, maupun penyempurnaan produk sehingga dapat tersusun Web-LKPD IPA modified free inquiry tema pertambangan pasir. Pengembang menyadari masih terdapat kekurangan dalam pengembangan Web-LKPD IPA, sehingga kritik dan saran yang membangun penulis harapkan untuk meningkatkan kualitas Web-LKPD IPA. Semoga Web-LKPD IPA ini dapat bermanfaat bagi semua pihak didik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan sikap peduli lingkungan.

 

                                        Yogyakarta, November 2018

                                       

                                        Pengembang